Halaman

Friday, February 8, 2019

KLX Ga Bisa Oper Gigi Perseneling

MOTOLOVER. Pernah mengalami lagi enak-enak berkendara kemudian pas mindahin gigi terasa los ?, saya pernah mengalami. Saat itu pagi sekitar pukul 7.30 pagi saat berangkat ke tempat kerja saya mengalami hal di atas di daerah Cirendeu Jakarta Selatan. Sedang berkendara di posisi gigi 3 kemudian mau oper ke gigi 4, saat tuas perseneling diinjak terasa los. Kemudian saya coba injak ke depan dengan maksud memindahkan perseneling ke gigi 2, ternyata sama saja tetap los.

Akhirnya dengan kondisi gigi 3 motor saya kendarai sampai ke kantor di daerah Cilandak. Kebayang kan mengendarai motor di posisi gigi 3, pas ketemu tanjakan dan ngerem maka start ala gantung kupling dan bantu dorong dengan kaki pun dilakukan supaya motor bisa nanjak dan ga mati.


Setelah sampai di kantor bekerja seperti biasa kemudian pada pukul 10.00 WIB saya izin ke bengkel. Berangkatlah ke bengkel "City Motor" Bengkel Resmi Kawasaki di daerah Ciputat dengan tetap menggunakan gigi 3. Sampai di bengkel motorpun dibongkar bagian bak kopling dan diketahui penyebabnya adalah per "Spring Lever" patah. Spring Lever adalah per berbentuk seperti lambang Omega yang berfungsi untuk mendorong kembali tuas bagian dalam perseneling supaya berada di posisi standby.


Harga per Spring lever murah : Rp. 5.000,- tetapi ongkos kerja dikenai biaya bongkar pasang pasang kopling sebesar Rp. 60.000,-.


Setelah pasang Spring Lever yang baru, mumpung bak kopling lagi dibuka maka sekalian ganti per kopling menggunakan per kopling Honda GL Pro / TIGER seharga Rp. 20.000. Bagaimana rasanya setelah ganti per kopling ?, kopling sedikit lebih keras tapi masih nyaman buat pemakaian harian dan yang penting adalah sentakan tenaga lebih berasa dibanding menggunakan per kopling original KLX.


Per Kopling GL Pro Terpasang

Mengganti per kopling belum lengkap rasanya kalau tidak sekalian bor rumah kopling supaya motor siap untuk diajak trabas suatu waktu.


Setelah semuanya dilakukan, bak kopling dirakit kembali  dan motor sudah bisa pindah persneling. Selain itu ada sensasi berbeda yang dirasakan yaitu sentakan tenaga makin terasa karena sudah mengaplikasikan per kopling GL Pro.

Biaya yang dikeluarkan :

Spring Lever                    : Rp. 5.000,-
Ongkos Kerja                   : Rp. 60.000,-
Per Kopling GL Pro         : Rp. 20.000
Paking Bak Kopling         : lupa harganya.
Tips Bor Rumah Kopling : Rp. 40.000
-----------------------------------------------
TOTAL SEKITAR            : Rp. 150.000,-

Total dibulatkan sekitar Rp. 150.000 karena saya lupa harga paking bak kopling.

Berikut video nya :





















No comments:

Popular Posts