Halaman

Wednesday, January 15, 2020

Liburan Menyenangkan di Pantai Pasir Putih & Karang Meong Anyer


MOTOLOVER. Tahun 2019 akan berakhir dan segera berganti dengan tahun 2020. Akhir tahun selalu bertepatan dengan liburan semester anak sekolah. Oleh sebab itu, maka banyak yang mengisinya dengan berbagai kegiatan seperti liburan bersama keluarga, camping bersama teman, touring motor dan lain sebagainya. 
Dari berbagai macam kegiatan tersebut, salah satu kegiatan yang bisa dipilih adalah berlibur dengan keluarga yang bernuansa pantai. Setelah berdiskusi maka diputuskan untuk liburan ke daerah pantai yang terletak di sebuah kecamatan di Kota Serang, Provinsi Banten, Indonesia. Pantai ini biasa disebut dengan "Pantai Anyer".


Rute Menuju Anyer
Gerbang Tol Cilegon Barat

Pada tanggal 19 Desember 2019, pukul 8.30 WIB kami bertolak dari rumah di kawasan Pamulang menuju BSD untuk kemudian memasuki gerbang tol Jakarta - Merak di daerah Tangerang. Saat itu lalu lintas di dalam tol tidak begitu ramai, walaupun begitu kami tetap membatasi kecepatan maksimal 100 km/jam demi kenyamanan dan keamanan tentunya. Kami teringat dengan moto seorang petouring dunia "Pavlin" : You are not in the race.
Setelah berkendara di tol Jakarta - Merak sekitar satu setengah jam sampailah kami di di pintu keluar Cilegon Barat. Setelah keluar dari gerbang tol perjalanan dilanjutkan melalui rute jalan dalam kota menuju daerah Anyer. Berkendara tidak sampai 1 jam membawa kami memasuki daerah Anyer. Sambil berkendara, mata mulai berburu tempat yang dirasa cocok untuk bermain dan bermalam. 

Pantai Pasir Putih & Karang Meong
Akhirnya di sebelah kanan jalan kami menemukan spanduk besar bertuliskan "Losmen Papatku 8" dan "Pantai Pasir Putih". Kami membelokkan kendaraan memasuki pintu gerbang dan berhenti di depan sebuah bangunan yang tidak terlalu besar. Didepannya tersedia kaca kecil seperti loket.
Turun dari kendaraan berjalan menuju bangunan tersebut dan mulai menggali informasi kepada petugas yang berada di loket.
Gerbang Masuk Pantai Pasir Putih
Petugas menyarankan kita untuk terus masuk ke dalam dan mencari losmen "Papatku 4" karena dilokasi tersebut tersedia banyak wahana permainan pantai.

Untuk memasuki kawasan pantai, kita akan dikenai tarif sebagai berikut :
  • Bus Besar       : Rp. 800.000
  • Bus 3/4           : Rp. 400.000
  • Mobil pribadi : Rp. 100.000
  • Motor              : Rp. 20.000
  • Perorangan      : Rp. 15.000


Bagi yang menginap di losmen maka biaya-biaya di atas gratis alias free.

Fasilitas Pantai
Pantai pasir putih dilengkapi dengan beberapa fasilitas diantaranya :

Penginapan
Penginapan yang tersedia persis di pinggir pantai Pasir Putih adalah "Losmen Papatku 4". Rentang harga penginapan untuk satu malamnya berfariasi antara Rp. 220.000,- s/d Rp. 1.000.000,- per kamar per malam. Bagi yang membutuhkan ekstra bed juga tersedia dengan menambah Rp. 50.000 ukuran kecil dan Rp. 75.000 ukuran besar. Losmen ini ada dari Papatku 1 sampai Papatku 8.
Losmen Papatku 4 
Lahan Parkir depan Losmen



Papatku 4 di Malam Hari


Permainan air
Aneka permainan air juga tersedia di pantai ini antara lain :

  • Banana Boat : Rp. 150.000 / paket 5 orang
  • Donat Boat : Rp. 150.000 / paket
  • Jetski : Rp. 150.000
  • Para Sailing : Rp. 250.000
  • Perahu Wisata : Rp. 10.000 / orang
  • Ban Renang besar : Rp. 20.000
  • Ban Renang sedang : Rp. 15.000
  • Ban Renang kecil : Rp. 10.000

Banana Boat


Warung
Bagi yang tidak sempat bawa perbekalan jangan khawatir karena di kawasan ini tersedia tersedia Saung Makan Papatku "Jati Kuring".
Selain saung makan Papatku juga tersedia warung-warung lain dan pedagang aneka jajanan seperti bakso dan lain-lain.   

Saung
Fasilitas pantai yang satu ini keberadaannya tidak kalah pentingnya dengan fasilitas lainnya. Saung ini bisa kita gunakan untuk sekedar beristirahat lesehan atau bisa juga digunakan untuk tempat makan bersama keluarga bagi yang bawa bekal makanan dari rumah.
Saung Lesehan
Tarif sewa saung berfariasi tergantung ukuran :

  • Lesehan Besar : Rp. 300.000, bisa menampung 
  • Lesehan Kecil : Rp. 50.000


Kegiatan lain yang bisa dilakukan disepanjang pantai adalah beranang, selfie, bermain ombak, susur pantai di pagi atau sore hari dan yang tidak kalah menariknya adalah menyaksikan kegiatan nelayan lokal saat menarik jala di sore hari.
Sunset juga bisa disaksikan di pantai ini walaupun spotnya kurang begitu bagus.
Berikut beberapa foto pemandangan dan kegiatan yang bisa dilakukan di sepanjang pantai Pasir Putih Anyer
Pantai Pasir Putih
Salah Satu Area Selfi

Persiapan Berenang di Pantai
Berenang di Pantai Pasir Putih

Bermain Pasir di Pantai

Sunset Pantai Pasir Putih

Menarik Jala Sore Hari

Susur Pantai Pagi Hari

Demikianlah deskripsi salah satu tempat yang tidak jauh dari Jakarta dan bisa dijadikan alternatif untuk mengisi liburan bersama teman atau keluarga. 

No comments:

Popular Posts